Cara Mengatasi Wajah Berjerawat, Lakukan Langkah

Arti letak jerawat di bawah mata bisa jadi disebabkan oleh keadaan ginjal yang tidak sehat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah, terutama kalau kamu sering berkeringat dan sering memakai makeup. Maka dari itu, penuhi kebutuhan air putih minimal 8 gelas per hari. Kulit wajahmu itu lagi sensitif banget lho, makanya perlu hati-hati untuk memilih produk perawatan wajah seperti sabun muka, misalnya. Tatiana Aybinder, seorang Konsultan Dermatologi bilang kalau menggunakan produk dengan label oil-free atau non-comedogenic bikin pori-pori wajahmu tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Dengan keadaan seperti itu, Anda akan memahami keadaan diri mulai dari jenis makanan yang tidak cocok dan kandungan skincare dan make-up yang tidak cocok. Menggunakan pelembap akan menghidrasi kulit dan mencegah kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih yang memicu munculnya jerawat. Wajah yang kotor atau sering berminyak seringkali dianggap sebagai pemicu jerawat muncul. Padahal, terlalu sering mencuci muka juga bukan ide yang baik, karena dapat mengurangi minyak alami wajah dan mendorong kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Jadi, selain waktu cuci muka yang perlu diperhatikan, kamu juga perlu memastikan produk yang digunakan sesuai jenis kulit atau tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Mengonsumsi makanan manis, junk food, mengandung minyak, hingga olahan susu dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Sering menyentuh wajah juga dapat membuat kelenjar sebaceous bekerja berlebihan yang menyebabkan produksi minyak berlebih, yang sangat buruk untuk jerawat. Jika Anda cenderung berjerawat atau memiliki kulit berminyak, jangan malas untuk mencuci wajah sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit pagi dan sore Anda. Berikut cara-cara mengatasi peradangan pada kulit berjerawat, dari mulai rajin mencuci muka hingga menggunakan 5 bahan alami berikut ini. Tidak hanya mencuci muka di malam hari, rutinitas cuci muka di pagi hari juga wajib dilakukan.

Pastikan produk perawatan memiliki kandungan non-comedogenic agar pori-pori wajah tak tersumbat. Beberapa bahan dasar yang bisa Anda pilih adalah timun atau teh hijau untuk menghindari iritasi. Selain sarung bantal, penyebab jerawat di pipi yang tak banyak disadari adalah memegang wajah dengan tangan kotor. Saat melakukan kegiatan sehari-hari, tangan Anda memegang berbagai macam benda yang belum terjamin kebersihannya. Tidak sedikit wanita yang menggunakan kuas atau spons make-up sebagai alat untuk merias wajah.

Muka jerawatan

Makanan yang pedas, berminyak, junk meals, dan makanan bersantan juga dapat membuat kulit memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya, yang pada akhirnya menimbulkan jerawat batu. Tubuh jadi lebih bugar, stres berkurang, kulit pun jadi lebih sehat dan bebas jerawat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk Bunda membantu anak memilih jenis produk wajah yang tepat.

Selain kentang, kamu juga bisa memanfaatkan bawang merah untuk mengatasi jerawat dalam satu hari. Bawang merah mengandung antimicrobial yang berkhasiat melawan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat dan menghilangkan bekasnya pada kulit. Caranya mudah, kamu hanya perlu memarut dan menghaluskan bawang, lalu oleskan ke bagian jerawat dan bekasnya selama 5 menit. Nah, agar masalah ini tidak kamu alami, disarankan untuk mencuci muka sehari dua kali.

Jerawat muncul di daerah ini disebabkan karena penggunaan produk rambut tertentu, misalnya akibat penggunaan pomade. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk meningkatkan sistem kekebalan yang pada akhirnya juga baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, vitamin D juga bersifat antibakteri yang dapat membantu kulit mencegah peradangan akibat bakteri.