Dampak Negatif Dan Positif Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid

Kewaspadaan masyarakat tak hanya sebatas pada kebersihan dan kesehatan tubuh saja, tetapi juga lingkungan. Dengan pandemi virus corona ini, masyarakat menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan menyemprotkan disinfektan secara berkala untuk membunuh kuman dan virus penyakit. Banyaknya korban jiwa akibat virus corona Pragmatic Slot ini disinyalir karena pemerintah di setiap negara tidak siap menghadapinya. Bahkan, tak bisa dipungkiri bahwa pemerintah di berbagai negara seolah kewalahan saat ‘berperang’ melawan virus corona. Keterbatasan jumlah tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat dan minimnya APD mengakibatkan layanan kesehatan tidak maksimal.

Kebebasan yang dibelenggu tak jarang menimbulkan tindakan buruk untuk mengusir kebosanan dan perasaan serta fisik yang terkungkung bak dalam penjara. Masyarakat yang biasanya bebas beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan atau menjalankan pekerjaan, tiba-tiba ‘dipaksa’ untuk tetap berada di dalam rumah tentu menimbulkan kejenuhan yang luar biasa. Tak hanya itu, untuk menjamin keamanan dan keselamatan penumpang, perusahaan pun harus menyediakan termometer digital guna mengukur suhu tubuh setiap penumpang. Jika ada penumpang yang kedapatan kondisi tubuhnya kurang sehat, maka mereka tidak diizinkan untuk bepergian dan menaiki alat transportasi tersebut. “Semoga pandemi cepat berakhir dan pemerintah bisa menanganinya dengan baik,” pungkasnya.

Akibat dari Pandemi

Memasuki kuartal II, ekonomi China sudah kembali positif dan tumbuh 3,2% seiring mulai dibukanya lagi perekonomian. Sementara Amerika Serikat yang pada kuartal I sudah mengalami kontraksi hingga 5%, kondisinya justru memburuk di kuartal II, dengan kontraksi mencapai 32,9% (year on year/yoy). Miliaran dolar stimulus harus digelontorkan untuk menyelamatkan ekonomi dari ancaman krisis akibat pandemi. Sebagai informasi, jumlah angkatan kerja Indonesia menurut information terbaru Badan Pusat Statistik per Februari 2020, tercatat sebanyak 137,91 juta orang.

Bahkan, tak sedikit tenaga kesehatan yang turut menjadi korban ‘keganasan’ virus corona. Dunia saat ini sedang digemparkan dengan merebaknya virus corona yang telah menjadi pandemi world. Berawal dari kota Wuhan, China, virus yang kemudian dikenal dengan nama covid-19 ini menyebar tidak hanya ke seantero negeri, tetapi seluruh penjuru dunia. Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia selama satu tahun, membuat kinerja perekonomian nasional menjadi terganggu. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi nasional anjlok di angka minus 2,19 persen di 2020.

Padahal, tindakan seperti itu akan merugikan kelompok masyarakat lain yang tidak mampu untuk berbelanja dalam skala besar sehingga mereka akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Fenomena panic buying juga kemudian dimanfaatkan oleh sebagian pihak yang hanya mencari keuntungan dengan cara menaikkan harga ke angka yang tidak rasional dan juga melakukan penipuan yang biasanya dilakukan melalui toko on-line. Secara psikologis mempengaruhi kejiwaan mahasiswa karena perubahan sistem pembelajaran yang tadinya guide menjadi sistem daring.

“Dapat disimpulkan bahwa Kartu Prakerja tidak hanya membantu meningkatkan talent seseorang, namun juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mental akibat pandemi,” kata Peneliti LPEM FEB UI Chairina Hanum Siregar dalam keterangannya, Kamis. Indonesia yang memiliki hubungan ekonomi yang cukup besar dengan China, juga merasakan dampak secara langsung maupun tidak langsung dari wabah Covid-19 tersebut. Pemerintah memperkirakan penurunan 1 persen pertumbuhan ekonomi China akan mengakibatkan penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia kurang lebih zero,6 persen. Besarnya dampak yang ditimbulkan dari adanya pandemi Covid-19 terhadap sektor ekonomi, memperlihatkan bahwa perekonomian Indonesia memiliki resiko yang sangat tinggi untuk melemah. Sejak awal Maret 2020, berbagai kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat dan daerah. Mulai dari membatasi hubungan sosial , menghimbau untuk bekerja di rumah bagi sebagian besar Aparatur Sipil Negara , meniadakan kegiatan ibadah, dan meminta masyarakat untuk tetap di rumah serta mengurangi aktivitas ekonomi di luar rumah.