Daripada Susah Cari Kerja, Mending Buka Usaha Sendiri Aja Yuk?

Jakarta, CNBC Indonesia – Perjalanan hidup dan kisah sukses pengusaha Gilang Widya Pramana beserta istri, Shandy Purnamasari begitu menginspirasi. Pasangan yang dijuluki Crazy Rich Malang itu mengawali bisnisnya dengan membuka jasa cuci motor. D tengah kelesuan ekonomi akibat pandemi ini, bukan berarti tidak Judi Online tersisa peluang dan kesempatan sama sekali. Masih banyak peluang bisnis-bisnis baru yang bisa Anda jajaki dan berpotensi menghasilkan keuntungan di tengah kondisi krisis. Merintis bisnis yang prospektif juga bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang saat ini secara finansial telah terimbas pandemi.

Mengapa berbisnis itu susah

Semua rumah, setting, hingga pedestrian yang dibangun di kawasan itu bergaya Bali. Dengan konsep yang unik, proyek Ubud Village kebanjiran order oleh para calon penghuni. Hasil dari penjualan itu digunakan untuk membayar sisa cicilan pembelian tanah. Percaya kemampuan dirinya di bidang speaker mampu dikembangkan, Bong memutuskan berhenti menjalani pendidikan sarjana. Setelah itu, Bong aktif mengikuti berbagai kelas motivasi untuk memperdalam bakatnya di bidang speaker dan coach.

“Ini isu yang sejalan bahwa sulitnya memulai usaha akan berkaitan dengan sulitnya investasi masuk. Baik para pekerja ataupun pencari kerja, menyadari hal tersebut,” kata Khairil. Sering sekali pebisnis pemula tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mengatur keuangan agar tidak terjadi besar pasak daripada tiang. Mengalokasikan dana untuk biaya tak terduga sangat berguna pada masa-masa sulit dan membantu menjaga bisnis tetap bertahan selama masa-masa sulit tersebut.

Kebanyakan orang pasti menjawab lebih memilih bekerja daripada berbisnis. Dari ke 10 kisah inspiratif pengusaha sukses luar negeri tersebut, dapat dipelajari bahwa untuk membangun usaha yang sukses tidak hanya tentang modal dan pemanfaatan peluang yang baik. Kendala berbisnis yang selanjutnya yang bisa menimpa seorang pengusaha adalah tidak mampu mengelola keuangan usahanya.

Wiraswasta perlu memiliki beberapa kekuatan untuk membangun sebuah bisnis. Sebenarnya anda tidak dapat bergantung pada satu hal saja, itu berbahaya. Dengan mempercayai anda tidak dapat bertumbuh tanpa dukungan yang cukup, anda melukai kesempatan anda untuk melangkah ke tingkatan selanjutnya.

Seringkali kalau tidak dicatat, pelaku usaha tidak akan tahu bahwa usaha mereka bertambah besar. Pengembangan songket yang dikolaborasikan dengan endek dalam bidang fashion mengingat perajin belum bisa merubah lebar kain songket yang masih kecil. Meskipun ada produk songket dengan lebar yang memadai namun kalah pada motif yang justru monoton. Di tengah deraan moderninasi, banyaknya motif songket khas Bali yang ditiru dan diproduksi dalam jumlah banyak di luar Bali dikhawatirkan membuat eksistensi songket khas Bali kian memudar. Para perajin juga desainer berupaya berinovasi agar produk songket terus berkembang.

Bekerja dan membangun rumah itu tidak sekadar mencari untung. Apa yang kami bangun harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Membangun rumah murah bagi masyarakat yang tidak mampu itu merupakan amal ibadah. Masih banyak orang tidak atau belum mampu memiliki rumah yang layak huni dan nyaman. Di situlah timbul pemikiran bagaimana dan apa yang bisa dilakukan untuk membantu mereka agar mendapatkan rumah. Setelah memiliki rumah, kesejahteraan mereka diharapkan lebih baik.

Tentu di tahun 2020 saat ini kenaikan akan terus bertambah secara besar. Hal inilah yang membuat bisnis online mempunyai prospek cerah di tanah air. Kini lingkup layanan Memoria Photobooth sudah hadir di banyak kota, mulai dari Jabodetabek, Jogja, Semarang, Malang, Purwakarta, sampai Bandung. Awal bisnis photobooth dimulai, saat itu mereka belum mempunyai tim sama sekali sehingga segala sesuatunya harus mereka kerjakan hanya berdua.