Dua Jam Sekolah Tatap Muka Yang Mengobati Kerinduan .. Halaman All

Pasalnya, tanggung jawab pendidikan yang paling utama berada pada orang tua dalam memastikan anak-anaknya mendapatkan pendidikan yang baik. REPUBLIKA.CO.ID,Berbagai Deposit Pulsa Tanpa Potongan perubahan terjadi saat pandemi Covid-19 melanda. Sebelum pandemi, mereka semua leluasa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Anak rindu sekolah tatap muka

Seyogyanya pengalaman orangtua itu dijadikan jembatan untuk menumbuhkan kesadaran membangun empati terhadap guru di sekolah. Nadiem juga prihatin dengan kondisi orangtua yang tidak punya gawai dan jaringan internet yang tidak memadai, pembelajaran jarak jauh akan mengakibatkan peserta didik tidak belajar sama sekali. Sejatinya, SMA Negeri three Pontianak sempat melakukan simulasi belajar tatap muka selama 10 hari berdasarkan izin dari Gubernur Kalbar selaku Ketua Satgas Covid di provinsi itu. Namun pada saat itu Kota Pontianak kembali masuk ke zona orange penyebaran Covid, maka belajar tatap muka kembali dihentikan. Kegiatan Belajar Mengajar tatap muka terbatas ini, kata dia, dilakukan setelah mendapatkan keluhan masyarakat selama belajar online.

Di Indonesia sendiri melalui pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, menyatakan bahwa sebelum kebijakan pembukaan sekolah diterapkan terdapat hal-hal yang harus dipenuhi oleh sekolah dan pemerintah daerah. Sedangkan program vaksinasi bagi tenaga pendidik masih terus berjalan untuk memastikan adanya perlindungan kesehatan dari pemerintah terhadap ancaman COVID-19. Bantul – Sekolah adalah lembaga untuk sarana belajar para siswa di bawah pengawasanguru. Pada umumya kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung diruang kelas masing-masing. Namun kondisi pandemi ini membuat proses belajar mengajar di hampir semua lembaga pendidikan terganggu.

Misalnya dengan memberikan rekaman belajar dan tidak segan berkomunikasi terus dengan orangtua atau wali siswa melalui whatsapp dan lainnya. Kemlu melaporkan penambahan warga negara Indonesia di luar negeri yang positif terinfeksi virus corona sehingga 85 WNI positif Covid-19. Kemudian mereka berbaris di halaman depan untuk mendapatkan penjelasan dari guru. Sebab hari itu untuk kelas 6 merupakan jadwal tes praktik pelajaran Agama Islam. Di halaman tersebut, siswa diberi penjelasan mengenai teknis pelaksanaan tes praktik tersebut.

Dhuaini mengaku, selama ini hanya mendapatkan belajar lewat daring dan sekedar mendapatkan tugas dari gurunya di sekolah. “Hanya belajar lewat daring dan mengerjakan tugas rumah dari guru. Sesekali datang ke sekolah untuk mengambil dan mengantar tugas dari guru kami,” jelasnya. SDN 08 adalah salah satu dari eighty five sekolah di DKI Jakarta yang melakukan uji coba sekolah tatap muka. Aktivitas mereka juga tidak terkendali khususnya ketika para orang tua pergi bekerja. Pulangnya mereka istirahat, sekarang ini nggak tahu harus bilang apa,” paparnya.