Kasus Positif Dan Kematian Covid

Dalam tahapan selanjutnya, diputuskan hanya ada eighty five sekolah yang memenuhi kriteria untuk mengikuti uji coba PTM terbatas. Daftar sekolah di ibu kota yang melaksanakan uji coba PTM dapat di lihat di tautan ini. Meskipun demikian, Disdik Sleman tetap masih menunggu kebijakan dari pemerintah setempat, mengingat pandemi COVID-19 di Sleman masih memiliki kasus positif yang cenderung naik. Tidak adanya kegiatan interaksi sosial baik dengan guru ataupun dengan teman-temannya, terutama bagi peserta didik baru. Aksi damai dimulai dari petilasan Nyai Ageng Ngerang di Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, sebagai lokasi yang akan terdampak dari rencana pendirian pabrik dan pertambangan oleh sebuah perusahaan, hingga Alun-alun Kabupaten Pati sekitar pukul 20.00 WIB. Sebelum beraksi, peserta longmarch berdoa bersama dan membentuk formasi lingkaran.

Adanya sistem pembelajaran online, tentu waktu yang digunakan untuk belajar tidak sama dengan ketika belajar di kelas. Waktu yang digunakan lebih singkat, jadi para pengajar mengalami kendala dalam menyampaikan materi. Masih banyak para pengajar yang belum bisa memahami tentang cara berteknologi yang semakin canggih. Dan masalah yang terpenting adalah para pengajar sulit untuk mengajarkan etika atau nilai moral Situs Bola Online karena tidak bisa bertatap secara langsung.

Jika angka kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan, realisasi PTM yang direncanakan digelar mulai Juli 2021 akan ditangguhkan. SuaraJogja.id – Epidemiolog Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM Riris Andono Ahmad mengungkapkan, saat ini transmisi persebaran COVID-19 masih sangat tinggi. Doni pun berharap, pemerintah memikirkan kembali untuk dibukanya pembelajaran tatap muka. “Hasil pengawasan menunjukkan information dan fakta bahwa dari 49 sekolah yang ditinjau langsung, hanya sixteen,32 persen sekolah yang siap, dan 83,sixty eight persen belum siap untuk melakukan belajar tatap muka,” kata Retno dalam keterangannya, 1 Desember 2020.

Dikhawatirkan angka covid akan naik jika sekolah tatap muka

“Pada awal Januari 2021 nanti, kita akan mengajak mereka untuk membahas masalah KBM. Butuh pertimbangan dan kajian yang mendalam untuk melaksanakan KBM tatap muka di sekolah. Saya pribadi tidak mau gegabah dalam mengambil keputusan KBM tatap muka,” katanya. Nah, efek negatif yang dipaparkan di atas dipercaya akan memburuk jika pembelajaran jarak jauh tanpa tatap muka terus dilakukan. Di periode ini, dikhawatirkan kenaikan pasien Covid-19 tembus 3 ribu orang per hari. Menurut Lies, dalam kondisi seperti saat ini, upaya untuk memutus rantai penularan Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah beradu dengan rasa kebosanan yang mungkin ada di tengah masyarakat. Ekonom Narasi Institute Achmad Nur Hidayat mempertanyakan aspek keadilan ekonomi rencana pajaki sembako, pendidikan, dan kesehatan. Media sosial dan situs berita online ramai membahas pajak pertambahan nilai atau PPN sembako yang bakal dikenakan Menkeu Sri Mulyani.

Meski dibatalkan, Syaifullah mengaku, realisasi pelaksanaan semua unsur tenaga pendidik di sekolah yang ada di wilayahnya sudah siap apabila pelaksanaan pembelajaran tatap muka digelar. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah secara terbatas mulai 7 April 2021. “Jadi mau tidak mau walaupun sudah selesai vaksinasi dan diwajibkan untuk memberikan tatap muka terbatas, tapi harus melalui sistem rotasi. Sehingga harusnya menyediakan dua-dua opsinya, tatap muka dan juga pembelajaran jarak jauh,” kata dia. Dia juga menyoroti keberadaan siswa dan guru saat di jalan menuju sekolah yang dikhawatirkan menjadi lokasi transmisi Covid-19.

Jadi ada kesepakatan surat yang ditandatangi oleh orangtua murid untuk melaksanakan PTM ini. Kesiapan di Jawa Tengah sesuai dengan yang disampaikan oleh dinas provinsi saat ini sudah 80% dan banyak sekolah yang mengajukan. Namun tidak serta merta dari dinas provinsi dan dinas kabupaten/kota mengijinkan sekolah membuka PTM, Gugus COVID-19 yang ada di wilayah itu sangat ketat sehingga kesiapan akan sangat baik karena keterlibatan gugus tugas COVID-19. Wali Kota Hadi berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan aktivitas, mulai memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Banyak yang mengartikan pembelajaran jarak jauh sama saja dengan nggak sekolah. Karena dianggap lagi “nggak sekolah”, anak pun terpaksa bekerja untuk membantu keluarga.

Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, ia melanjutkan, juga akan melakukan upaya-upaya untuk mencegah peningkatan persebaran COVID-19 selama masa cuti bersama. Pada libur idul fitri, terjadi kenaikan jumlah kasus harian dan kumulatif mingguan sekitar persen sejak Idul Fitri dengan rentang waktu hari. Mengutip data covid.go.id terdapat dua momen di mana libur panjang terjadi yakni saat Hari Raya Idul Fitri dan Hari Kemerdekaan.

Ditambahkan, dalam mengatasi pandemi perlu dikeluarkan berbagai kebijakan untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Ahyani menguraikan belum tahu nanti apakah kebijakan dua hari di rumah tersebut akan mengakomodir hal yang memberatkan sebagaimana yang dikhawatirkan banyak masyarakat. Sekolah juga harus memiliki satuan tugas penanganan COVID-19 dengan berbagai tim di dalamnya.