Makanan Mengandung Karbohidrat

Telebih ubi jalar yang merupakan makanan food plan pengganti nasi ini memiliki fungsi dapat mencegah konstipasi. Dengan ini, ubi jalar pun sangat cocok untuk menurunkan berat badan dengan sehat dan alami. Sukun, kendati termasuk tanaman buah, namun sukun merupakan sumber karbohidrat pengganti nasi.

Kombinasi ini menjadikan ubi sebagai makanan yang dapat meningkatkan kesembuhan bagi penderita arthritis. Kandungan serat yang tinggi dalam ubi juga membuatnya sebagai makanan yang memperlancar pencernaan. Ubi jalar juga mengandung karotenoid yang memberi perlindungan pada paru dan mencegah terjadinya kanker paru serta kanker mulut. Kandungan kaliumnya membantu menstabilkan tekanan darah dan menurunkan stress. Namun, selain banyak manfaat, ubi jalar juga harus dikonsumsi secara hati-hati ya.

Jadi, singkong bisa menjadi pilihan makanan yang lebih aman ketimbang makanan lain untuk penderita diabetes. Sebagai contoh, singkong merupakan pilihan makanan yang lebih aman ketimbang kentang yang memiliki indeks glikemik sekitar 56-69. Sehingga, pas sekali untuk memenuhi dan memberikan energi di dalam tubuh. Dengan energi yang terpenuhi, maka kinerja otak juga akan lebih efisien.

Ubi dan singkong pengganti nasi

Sagu sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes karena memiliki indeks glikemik rendah. Dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sagu memiliki kandungan vitamin yang rendah sehingga harus dimakan dengan sayuran dan lauk-pauk lainnya. Salah satu bahan pangan yang sudah menjadi bahan pengganti nasi atau beras yaitu singkong.

Glukosa ini jika tidak langsung dibakar akan disimpan sebagai lemak. Sementara itu, jika nasi didiamkan semalaman, pati akan diubah menjadi pati resisten yang tidak bisa dicerna tubuh. Jangankan nasi yang baru saja dingin, nasi sisa kemarin, bila dimasak dengan tepat, pun masih bisa dimakan dan memiliki manfaat untuk kesehatan.

“Program diversifikasi harus mulai dijadikan kebiasaan di kalangan masyarakat,” ungkap Gubernur. Kemudian cek singkong dan ubi, jika sudah cukup empuk, masukkan santan ke dalam rebusan singkong dan ubi lalu aduk sampai rata. Kemudian didihkan air yang dicampurkan dengan daun pandan yang diikat simpul, sejumput garam dan juga singkong dan ubi yang sudah dikupas dan dipotong sebelumnya. Kupas singkong dan ubi hingga bersih, lalu cuci dengan air bersih yang mengalir hingga seluruh kotorannya hilang.

Tanaman ubi kayu yang ditanamnya dicabut kemudian dikupas untuk dijemur di bawah terik matahari. Singkong singkong yang telah dikupas tersebut selanjutnya dibelah belah dalam ukuran tertentu kemudian dijemur dalam wadah berupa tampah terbuat dari bambu. Selain mengurangi resiko kanker, kandungan vitamin C dan vitamin A bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.