Mau Ganti Nasi Putih Dengan Ubi Dan Singkong? Ini Aturan Porsi Yang Benar Menurut Ahli Nutrisi

Sukun merupakan jenis tanaman yang sudah dibudidayakan masyarakat Indonesia sejak lama. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik sepanjang tahun di daerah tropis basah beriklim monsoon. Buah tanaman sukun memiliki kandungan gizi yang tinggi dan potesial dijadikan bahan makanan pokok alternatif pengganti beras. Kandungan gizi tersebut diantaranya yaitu karbohidrat 25%, protein 1,5%, dan lemak zero,3%.

Untuk mengganti nasi putih, Anda bisa mengonsumsi 1,5 singkong. Meski singkong bisa menggantikan nasi putih, perhatikan juga cara pengolahannya. Poulet Braisé atau ayam goreng dari Pantai Gading dan Thieboudienne yang pedas dari Senegal, sangat cocok disandingkan dengan nasi. ninety persen beras di kawasan Afrika Barat diimpor dari Asia dan Amerika Serikat. Sejak saat itu kampung ini pun dijuluki sebagai Kampung Singkong. Beberapa warung bahkan menjual menu Tiwul sebagai menu yang lebih mahal dari nasi karena cara pembuatan dan pengolahan yang lama.

Oleh karena itu, singkong sangat dianjurkan bagi penderita diabetes sebagai pengganti nasi. Sepeti halnya jagung dan singkong, ubi jalar juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi. Terdapat beberapa jenis ubi yang kita kenal yaitu ubu jalar putih, ubi jalar kuning, dan ubi jalar ungu. Ubi juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh serta memiliki kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Singkong merupakan salah satu tanaman pangan alami yang masuk ke dalam golongan umbu-umbian yang bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis. Di Indonesia sendiri, singkong menempati urutan ketiga makanan pokok tertinggi sesudah nasi dan jagung.

Karena pemanfaatan singkong di Indonesia saat ini belum maksimal padahal singkong merupakan salah satu sumber pangan yang murah dan mudah didapatkan. Singkong dapat dibuat menjadi beras dari tepung-tepung lokal khususnya mocaf. Beras mocaf tersebut diproses dengan teknologi yang mudah dan murah, sehingga dapat di produksi dengan peralatan yang bisa dibuat oleh masyarakat Indonesia.

Ubi dan singkong pengganti nasi

Untuk menu diet sebaiknya singkong cukup direbus dan jangan digoreng dengan minyak. Mengkreasikan singkong rebus menjadi jajanan pasar tradisional seperti tiwul, sredek, gethuk, cetot dan lain sebagainya akan lebih baik bagi yang sedang diet. Menurut beberapa ahli, jika tidak diolah dengan benar, singkong mengandung senyawa beracun yang bisa meningkatkan risiko diabetes. Namun, singkong bisa menjadi pilihan yang lebih sehat dari pati lainnya karena kandungan indeks glikemiknya yang rendah.

Selain makan makanan bergizi, lindungi juga dirimu dengan asuransi kesehatan. Di CekAja.com, kamu bisa membandingkan terlebih dulu produk asuransi yang pas sesuai dengan kebutuhan. Bagaimanapun juga, konsumsi karbohidrat harian harus sesuai dengan kebutuhan setiap tubuh.