Satgas Covid

Pertama, semua guru dan pengurus sekolah yang berhubungan dengan anak dan orang tua/pengasuh harus sudah divaksin. “Mau dua hari atau tiga hari seminggu melakukan tatap muka di sekolah atau dibagi berapa grup per kelas itu diskresi masing-masing sekolah sesuai dengan kebutuhannya,” ujar Mendikbud. Sekolah Tatap Muka – Halo sobat stanbrain, siapa nih yang sudah rindu dengan sekolah? Baru-baru ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sudah mengeluarkan kebijakan terkait sekolah bertatap muka di tengah pandemi covid-19.

Kapan mulai sekolah tatap muka

Untuk itu, ditekankan juga oleh Menteri Nadiem, pemerintah daerah dan sekolah yang ingin melakukan tatap muka harus meningkatkan kesiapan dari sekarang hingga akhir tahun mendatang. Ramli juga mempertanyakan hasil uji coba pembelajaran tatap muka terbatas yang sudah dilakukan beberapa sekolah karena selama ini tidak ada evaluasi dari uji coba tersebut. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meminta sekolah untuk memberikan opsi belajar tatap muka pada awal tahun ajaran baru atau Juli 2021. Menurut Nadiem, pembelajaran tatap muka di Indonesia baru 15 persen, sementara negara lain sudah mencapai eighty five persen. Pemprov DKI Jakarta masih perlu mengkaji bersama pihak terkait sambil melihat perkembangan kasus Covid-19. Nadiem memperkirakan, setidaknya 30 persen sekolah di Indonesia telah melaksanakan program pembelajaran tatap muka terbatas.

Menurut Nadiem, pembukaan ini bisa saja dilakukan secara serentak di tiap daerah, atau mungkin secara bertahap tergantung kepala daerah, memberikan izin atau tidak. Jika tidak, maka akan tetap dilaksanakan pembelajaran jarak jauh daring ataupun luring. Yang terpenting, protokol kesehatan harus tetap dijalankan saat dimulainya sekolah tatap muka.

“Anak sekolah perkiraan Desember masuk sekolah,” ujar Gubernur Banten, Wahidin Halim di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Kamis, 12 November 2020. tirto.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mencabut aturan larangan sekolah tatap buka yang berlangsung selama delapan bulan pandemi Corona. “Tidak ada perubahan dalam SKB. SKB tersebut menuangkan aturan maksimal. Sekolah bisa menerapkan PTM terbatas dengan sedikit demi sedikit,” jelas Nadiem. “Sekolah harus melibatkan banyak pihak dan harus punya pembina, pengampu seperti puskesmas, dokter dan dinas kesehatan untuk memonitor. Bagaimana tracing-nya nanti jika ada kasus, dan menyiapkan jaring pengaman berlapis baik guru maupun murid,” kata dia.

Menurut paparan dr. Adam, risiko Covid-19 pada anak untuk dilakukan rawat inap memang 10 kali lebih rendah dibandingkan pasien Covid-19 dewasa. Namun meski demmikian, 1-3 anak terpapar Covid-19 yang dirawat inap berisiko masuk ICU, Ma. Bagaimana dari leading sector, orang tua, organisasi Bandar Togel Online profesi yang berkaitan dengan masalah dunia pendidikan. “Kemarin setelah koordinasi dengan beberapa kementerian yaitu Kemendikbud, Kemendagri, Kemenkes dan Kemenag juga ada di situ. Jadi Pak Menteri Pendidikan menyampaikan arah untuk melaksanakan tatap muka itu harus sudah dimulai.

Menurut Sarwoko, pelaksanaan sekolah tersebut direncanakan akan dilakukan tiga kali dalam seminggu, yakni Senin, Rabu dan Jumat. Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, dalam waktu cepat ini segera mengundang sejumlah pihak. Utamanya, yang berkenaan dengan dunia pendidikan dan juga para praktisi serta akademisi dari bidang kesehatan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Pemprov DKI Jakarta terlebih dahulu akan melihat fakta dan information kasus Covid-19 sebelum membuka sekolah seperti yang diminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem.

Terkait hal tersebut Kementerian Kesehatan sepenuhnya akan mendukung kebijakan ini. Sehingga, sambung Oded, dalam beberapa waktu ke depan dioptimalkan untuk mematangkan persiapan. Karena, aspek kesehatan tetap menjadi perhatian agar tidak terbengkalai sekalipun pembelajaran tatap muka dimulai pada bulan Juli.

Sementara itu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menetapkan sebanyak eighty five sekolah jenjang dasar hingga atas, yang telah memenuhi kriteria pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka. Merdeka.com – Tercatat sebanyak 25 sekolah dari tingkat SD, SMP hingga SMA di Jakarta Selatan siap melaksanakan sekolah tatap muka melalui skema uji coba mulai hari ini Rabu (7/4). Jika kebijakan untuk menggelar tatap muka sudah siap, lanjut Ema, maka program pemberian vaksinasi harus diakselerasi.

Namun Dicky mendukung sekolah dibuka dengan meminimalkan risiko seperti mengatur durasi belajar, vaksinasi guru dan staf sekolah, kapasitas, protokol kesehatan dan kesiapan siswa belajar. Untuk sekolah wajib menyediakan PTM terbatas jika guru dan tenaga kependidikan telah divaksinasi,” kata Nadiem Makarim dikutip SerangNews.com dari Antara, Sabtu four April 2021. Orang tua masing-masing siswa dibebaskan untuk menentukan apakah anaknya diperbolehkan ikut masuk sekolah atau tidak. Sekalipun sekolah dan daerah tertentu telah memutuskan untuk membuka kembali kegiatan belajar tatap muka. Orang tua, kata dia, masih bebas untuk mengizinkan anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka atau tidak. Jika orang tua belum berani melepas anaknya, maka siswa harus dilayani pembelajarannya oleh sekolah melalui pembelajaran jarak jauh .

Sebagaimana sekolah di seluruh NRW yang merupakan negara bagian terpadat di Jerman, sekolah ini juga mewajibkan murid untuk memakai masker, termasuk di dalam ruang kelas. AKURAT.CO, Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan setempat mulai menggelar pembelajaran tatap muka untuk jenjang pendidikan tingkat SD dan SMP. TANGERANG SELATAN – Pelaksanaan sekolah tatap muka di Kota Tangerang Selatan direncanakan dilaksanakan mulai awal Juli 2021.