Tanggapan Orangtua Terkait Rencana Sekolah Tatap Muka Juli 2021

Astika, warga Jalan Ahmad Yani Utara, Denpasar mengaku masih mempertimbangkan untuk mengizinkan anaknya sekolah tatap muka. Rasa khawatirnya besar, mengingat penularan virus corona di Kota Denpasar masih terjadi. YOGYAKARTA – Orang tua murid menilai kebijakan tatap muka di tengah pandemi Covid-19 ini harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Walaupun pemerintah pusat telah memperbolehkan dilakukannya kegiatan pembelajaran secara tatap muka di sekolah mulai Januari 2021 mendatang.

Karena MPLS dan Matsama memakai dalam jaringan sehingga sekolah diminta tidak membebani siswa dengan memakai seragam baru atau aturan lain yang terkesan dibuat-buat. Adapun jumlah sekolah yang mulai PTM terdiri dari SD Negeri dan Swasta 297 sekolah dan SMP Negeri dan Swasta forty three sekolah. Tidak berinteraksi dengan orang lain secara langsung membuat saya kurang bersemangat. Pemetaan satuan pendidikan untuk mengetahui siapa yang punya komorbid . Bahkan tahun ini, Indonesia terpaksa tidak melakukan Ujian Nasional atau UN sebagai prasyarat kelulusan siswa di kelas akhir.

Tanggapan orang tua mengenai sekolah tatap muka

Hal ini berdasarkan surat edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Pembelajaran jarak jauh ini menuntut anak untuk menguasai materi pembelajaran yang diberikan guru secara online. Kelas-kelas di sekolah sudah tergantikan dengan group-group pembelajaran diaplikasi ponsel. Hal ini tentu bukan hal yang mudah bagi semua elemen pendidikan terutama orang tua menghadapi transisi dalam sistem pembelajaran ini.

Tidak semua lembaga pendidikan baik sekolah dasar maupun sekolah menengah dapat menikmati internet dengan baik. Apalagi dipelosok pedesaan yang terkadang sinyal internet tidak ada. Namun ZS mengakui, pembelajaran daring tidak mudah untuk dilakukan. Apalagi dia memiliki tiga anak yang semuanya mengikuti pembelajaran daring. Sementara itu, siswa kelas VII dari SMPN 7 Kota Madiun, Fahri Eka Aditya meceritakan terkait rindunya untuk sistem KBM dengan tatap muka. Fahri mengaku bahwa saat ini baru saja naik kelas VII SMP tanpa melewati Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah .

“Kami menghimbau untuk kita bersama-sama berupaya terus meningkatkan pendidikan kesehatan dan keselamatan bagi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa menuju Indonesia maju. Dalam SKB tersebut, pemberian izin pelaksanaan PTM di satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi, dan/atau kantor Kementerian Agama kabupaten/kota sesuai kewenangannya. Pemberian izin PTM juga dapat dilakukan secara serentak dalam satu wilayah provinsi/kabupaten/kota atau bertahap per wilayah kecamatan/desa/kelurahan. Pemerintah daerah sebagai pihak yang paling memahami kebutuhan dan kapasitas wilayah masing-masing memiliki kewenangan penuh untuk mengambil kebijakan. Untuk dapat lebih maksimal, sebaiknya orang tua juga turut aktif berkomunikasi dengan guru. Karena dengan komunikasi yang baik akan juga tercipta kondisi belajar yang baik untuk anak, sehingga anak tidak akan ketinggalan dalam megikuti proses pembelajaran secara daring.

Yakni dari zona hijau ke zona oranye, lantaran terdapat penambahan pasien terpapar. “Misalnya, orang tua ada tiga anaknya yang bersekolah, sementara alat-alatnya tidak mencukupi, maka itu menjadi rebutan,” jelas Dasmin. Hanya saja, Fandi menyoroti kurangnya Sumber Daya Manusia guru akibat adanya pembagian kelas tersebut. Akhirnya, guru yang biasanya mengajar di angkatan lain harus ikut mengajar untuk mata pelajaran yang sama.

Orangtua atau wali dapat memutuskan bagi anaknya untuk tetap melakukan pembelajaran jarak jauh walaupun satuan pendidikan sudah memulai pembelajaran tatap muka terbatas. REDAKSI8.COM – Pandemi virus corona (Covid-19) yang mengenai Indonesia memaksa sekolah ditutup sampai sekarang. Akibatnya proses belajar mengajar mesti dilakukan dari rumah memanfaatkan teknologi web. Lewat belajar tatap muka pula, para guru dan murid yang telah lama meninggalkan sekolah dapat kembali berinteraksi langsung, meski tetap dibatasi oleh protokol kesehatan. Selama pandemi yang sudah berlangsung hampir satu tahun ini, membuat pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah saja. Hal ini memgingat jumlah kasus konfirmasi Covid 19 di Indonesia masih terus meningkat.

Lilis Darliyah misalnya, Ia lebih setuju anaknya sekolah tatap muka dibandingkan dengan belajar daring atau online di rumah. Dia akan mengizinkan dua anaknya yang sedang menempuh pendidikan di tingkat SD dan SMP sekolah tatap muka jika sekolah menjamin protokol kesehatan diterapkan dengan ketat. Untuk memulai sekolah tatap muka ini, penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 menjadi yang utama. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penularan di lingkungan sekolah dan dapat meluas hingga lingkungan sekitar anak didik.

“Ajari anak cara mengenakan masker yang benar dan ingatkan untuk merusak masker dulu sebelum membuangnya agar tidak digunakan ulang,” tuturnya. Driver ojol yang menjadi korban begal di wilayah Duwet, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Yadi Raharjo, 56, berencana menggunakan dana donasi untuk merehab rumah. Aduan masyarakat terkait maraknya penggunaan knalpot brong mendominasi aduan yang paling banyak diterima di Call Center Tim Sparta Sat Sabhara Polresta Solo. Fokus dinas yang mengusung semboyan Tut Wuri Handayani itu dalam PPDB bukan sekadar memastikan anak di Karanganyar bisa bersekolah, tetapi juga sehat. Dua desa yang sama-sama memiliki nama Wonorejo ini berjarak sekitar fifty Bola Online three kilometer atau setara perjalanan selama 1 jam 36 menit. SMAN Tawangmangu bakal menjadi sekolah futurisik yang memberikan layanan pendidikan unggulan .

Menurutnya, beberapa sekolah sudah mulai memanggil orang tua untuk dilakukan sosialisasi sebelum siswa benar-benar belajar pada Juli nanti. Hal ini perlu dilakukan sebelum nantinya para orang tua menandatangani surat persetujuan agar anak-anaknya kembali belajar secara langsung. Terkait simulasi belajar tatap muka, Dewi mengaku tidak mengetahui hal tersebut dengan pasti.