Tantangan Dan Solusi Pengajaran Paud Di Masa Pandemi

Pasalnya, pandemi belum menunjukkan tanda mereda, yang membuat sistem belajar harus berubah. Pemerintah mengubah sistem mengajar konvensional diganti dengan belajar dari rumah secara daring.Hal ini diambil untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Di samping itu, kesuksesan pembelajaran daring selama masa Covid-19 ini tergantung pada kedisiplinan semua pihak. Oleh karena itu, pihak sekolah/madrasah di sini perlu membuat skema dengan menyusun manajemen yang baik dalam mengatur sistem pembelajaran daring. Hal ini dilakukan dengan membuat jadwal yang sistematis, terstruktur dan simpel untuk memudahkan komunikasi orangtua dengan sekolah agar putra-putrinya yang belajar di rumah dapat terpantau secara efektif. Banyak orang tua pula yang memiliki pandangan belajar di rumah adalah tentang memindahkan 100 Deposit Pulsa Tanpa Potongan persen kegiatan belajar di sekolah ke rumah.

Cara agar anak tetap semangat sekolah disaat pandemi

Terlebih hanya 15 rumah yang memiliki parabola di Pulau Tihi-Tihi. Namun Akmal mengaku senang ketika menjalani kegiatan belajar dari rumah. Interaksi antar peserta didik dapat difasilitasi dengan berbagai cara. Pertama, forum asinkron dapat digunakan untuk memfasilitasi diskusi antar peserta didik mengenai topik atau permasalahan tertentu. Media sosial, seperti Twitter, juga secara efektif dapat digunakan untuk mewujudkan interaksi antar peserta didik tersebut. Sebagai contoh, dua cuitan di bawah menunjukkan bahwa media sosial ini dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran.

Poin ketiga terkait dengan pemberian pemantik terhadap implementasi konten pembelajaran. Pemantik ini ditujukan untuk memberikan motivasi atau dorongan bagi peserta didik untuk bertindak. Pemantik ini bisa bermacam-macam, tergantung dari konten pembelajarannya. Sebagai contoh, untuk menjamin terjadinya diskusi di dalam forum diskusi daring asinkron , pendidik bisa menggunakan mekanisme naskah kolaborasi .

Sehubungan dengan hal ini, Sampoerna Academy merupakan salah satu sekolah, bahkan pelopor metode STEAM di Indonesia. Melalui metode STEAM, Sampoerna Academy menekankan pentingnya sinergi guru, anak, dan peranan orangtua dalam menemukan gaya belajar untuk mengoptimalkan keberhasilannya. Setiap anak memiliki kepribadian yang unik, sehingga sering kali mereka memiliki cara belajar yang berbeda. Maka dari itu, orangtua perlu memahami bagaimana tipe atau gaya belajar anak. Situasi pandemi membuat masyarakat harus berada di rumah saja, termasuk anak-anak bersekolah dari rumah atau sekolah digital. Ketika menjalani sekolah digital, baik guru, murid, dan orangtua sebaiknya saling bersinergi agar bisa menentukan cara efektif belajar selama pandemi.

Kamu bisa membuat Cilung, Telung, Siomay, Bakso, atau yang lainnya dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Baginya teknologi adalah sebuah alat bantu mengajar, peranan utama tetap dipegang guru agar terus memotivasi siswa untuk belajar dan tetap semangat di saat pandemi. Himbauan tersebut bertujuan sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19 di provinsi Bengkulu di instansi penyelenggara pendidikan, tentunya himbauan tersebut perlu di apresiasi sebagai langkah konkrit pemda.