Tatap Muka Bagi Anak Sd

Pada 24 Februari 2021, pemerintah mulai menjalankan program vaksinasi bagi guru dan tenaga kependidikan. Prioritas sasaran vaksinasi bagi guru dan tenaga pengajar ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mulai menjalankan pembelajaran tatap muka pada semester kedua tahun 2021. Bisa dikatakan keadaan kelas saat belajar tatap muka itu bebas tapi terikat. Mulai belajar tatap muka dengan sistem membagi rombongan belajar menjadi dua shift ada kekurangannya. Dalam sehari mereka harus belajar beberapa pelajaran seperti biasa, hanya saja durasinya yang berkurang. Biasanya satu jam pelajaran memerlukan waktu 90 menit, namun kini hanya menghabiskan waktu 60 menit bahkan kurang.

“Jika tidak, sekolah dapat berkoordinasi dengan dinas perhubungan di daerahnya untuk menyediakan sarana transportasi khusus siswa sekolah, tidak bercampur dengan masyarakat umum.” RAKYATKU.COM,MAKASSAR – Dinas Pendidikan Kota Makassar menurunkan tim verifikasi meninjau langsung persiapan sekolah untuk Pembelajaran Tatap Muka yang rencananya dilaksanakan Juli 2021. KPAI juga mendorong kebijakan Belajar dari Rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh harus diperbaiki agar dapat melayani semua anak dan mengatasi turunnya kualitas pendidikan.

Dalam pengumuman SKB Empat Menteri tersebut, disebutkan pula bahwa satuan pendidikan wajib memenuhi daftar periksa sebelum memulai layanan PTM terbatas selambat-lambatnya pada tahun ajaran baru. Selain itu, disampaikan pula berbagai protokol kesehatan wajib yang perlu dilaksanakan baik pada masa transisi, yakni dua bulan pertama, ataupun selama pelaksanaan PTM terbatas . Interaksi antara guru dan siswa terjadi ketika guru menjelaskan materi pelajaran melalui aplikasi yang digunakan. Dalam sistem belajar daring, interaksi siswa ke guru masih mungkin terjadi, tetapi tidak sebebas saat kegiatan belajar di kelas. Dengan cara ini, interaksi yang terjadi kebanyakan bersifat satu arah, dari guru ke murid.

“Mau enggak mau meski sudah selesai vaksinasi dan diwajibkan memberikan opsi tatap muka terbatas, tapi masih harus melalui sistem rotasi sehingga harus sediakan 2 opsi,” kata Nadiem. Wali murid juga dituntut untuk selalu melaporkan jikalau ada anggota keluarga yang datang dari luar kota. Jika ada anggota keluarga yang datang dari luar kota, maka murid atau siswa yang bersangkutan, pihaknya beri ijin untuk tidak masuk, dan harus belajar di rumah selama 14 hari.

Vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan mendorong pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. Jika memang sekolah tatap muka tetap terlaksana tahun 2021, IDAI meminta pemerintah melibatkan dinas kesehatan, Satuan Tugas COVID-19, dan organisasi di daerah setempat. Aman menyarankan pemerintah untuk melibatkan orang tua dalam pelaksanaan sekolah tatap muka.

Pemerintah Kota Jambi telah melakukan pendataan terkait dengan dukungan komite sekolah dan pernyataan orang tua untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. Lebih dari ninety persen orang tua murid setuju pembelajaran tatap muka dilaksanakan. Sutiaji menambahkan pembelajaran tatap muka terbatas ini harus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Sifatnya belum permanen, masih ada kemungkinan dihentikan jika nantinya ada kasus konfirmasi selama berlangsungnya pembelajaran tatap muka.

Bagaimana tidak, pelajaran yang lalu saja mereka masih belum mengerti, sudah diberikan tugas lanjutan dan harus diselesaikan. Hal seperti itu seakan-akan anak menjadi korban dari sekolah untuk mencapai tujuan akhir kurikulum mereka. Budi Gunadi menjelaskan setiap pandemi menyebabkan perubahan dalam kehidupan sehari-hari dan manusia mampu bertahan dengan beradaptasi terhadap keadaan dengan menerapkan gaya hidup dan protokol kesehatan yang baru. Vaksinasi tahap pertama bagi pendidik dan tenaga kependidikan paling lambat dilaksanakan minggu kedua Mei 2021. Tahap kedua paling lambat akhir pekan keempat Mei 2021 dan tahap ketiga paling lambat pada pekan kedua Juni 2021.

Tatap muka bagi anak SD

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan wilayah yang masuk zona hijau merepresentasikan enam persen populasi peserta didik. Ada pun jadwal masuk sekolah di tengah pandemi virus corona ini akan dilaksanakan mulai Juli 2020. Umi menjelaskan, sebelum mulai membuka sekolah, tiap orang tua harus membuat surat pernyataan mengizinkan atau tidak membolehkan anaknya masuk sekolah. Jika hasil uji coba pembukaan sekolah yang dipimpin Budi kurang baik, dan tingkat keparahan kasus COVID-19 di daerahnya masih tinggi, mau tidak mau pembelajaran jarak jauh akan dilanjutkan. Tidak memiliki gejala COVID-19, termasuk orang yang serumah dengan warga satuan pendidikan. PAUD jaga jarak minimal 1, meter dan maksimal lima peserta didik per kelas.

Pemberian izin PTM juga dapat dilakukan secara serentak dalam satu wilayah provinsi/kabupaten/kota atau bertahap per wilayah kecamatan/desa/kelurahan. Pemerintah daerah sebagai pihak yang paling memahami kebutuhan dan kapasitas wilayah masing-masing memiliki kewenangan penuh untuk mengambil kebijakan. Sebelumnya Presiden Joko Widodo mempersiapkan agar PTM bisa diselenggarakan Situs Bola Online segera mungkin yakni tepatnya tahun ajaran baru. Ini berdasarkan pertimbangan pelaksanaan vaksin untuk para guru, dosen dan tenaga didik. Contohnya adalah kebutuhan thermogun untuk mengecek suhu tubuh saat peserta masuk ke sekolah. Jika sekolah hanya punya satu unit saja maka akan menyebabkan antrean panjang di gerbang sekolah dan membuat suasana kurang kondusif saat pandemi.